Cibinong, Bogor, (Antara Megapolitan) - 417 Kelapa Desa (Kades) dari 40 kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, belajar penyusunan perencanaan pembangunan desa sebagai wujud percepatan pembangunan desa di Pemerintah Kabupaten Bogor.

" Penguatan kapasitas aparatur desa dalam penyusunan perencanaan pembangunan desa dilakukan agar peraturan perundang-undang desa bisa dilaksanakan dengan baik dan tidak ada lagi desa tertinggal," kata Kepala Bappeda Kabupaten Bogor Syarifah Sofiah di Cibinong, Kamis.

Ia mengatakan melalui pendidikan yang diberikan Bappeda kepada kepala desa diharapkan bisa memberikan informasi global dan teknis terkait implementasi peraturan perundang-undangan yang diberlakukan kepada desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan terkecil.

"Sesuai Undang-Undang Desa, Maka Desa diberikan kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa," katanya.

Syarifah Sofiah menerangkan, kegiatan pelatihan dilaksanakan selama empat hari sejak. Masing-masing peserta dibagi dalam empat angkatan, dengan waktu pelaksanaan tiap angkatan adalah dua hari satu malam.

Ia mengatakan maksud dan tujuan penyelenggaraan pelatihan kepada Kepala Desa agar fokus melakukan perencanaan pembangunan desa. Semoga seluruh desa di Kabupaten Bogor dapat melaksanakan musyawarah desa dengan persiapan dan hasil yang baik.

"Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), penyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa, Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) yang berkualitas berdasarkan kebutuhan prioritas pembangunan desa," katanya.

Setelah pelatihan, Kepala desa harus dapat melaksanakan pembangunan desa sesuai dengan ketentuan perundang undangan yang berlaku dan mempedomani dokumen perencanaan desa.

Ia mengatakan selain pelaksana dalam bidang pemerintahan dan pembinaan pembangunan BAPPEDA Kabupaten Bogor, dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber, Eppy Lugiarti dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Ida Ariani dari Kementerian Dalam Negeri.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015