Jatah vaksin COVID-19 untuk Kabupaten Bekasi di Provinsi Jawa Barat dijadwalkan tiba awal pekan depan menurut Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat.

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan bahwa jatah vaksin dikirim lebih cepat dari jadwal semula pada Februari 2021.

"Rencana kedatangan vaksin dipastikan tanggal 25 Januari, sudah fix (pasti), namun tidak langsung digunakan," kata Alamsyah di Cikarang, Kamis.

Baca juga: Bupati Bekasi siap jadi orang pertama yang disuntik vaksin COVID-19

"Setelah persiapan, diharapkan akhir bulan ini atau paling lambat awal Februari vaksinasi bisa dilakukan," ia menambahkan.

Jatah vaksin untuk Kabupaten Bekasi akan disimpan di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan di daerah Tambun.

Menurut data dari Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK) Kementerian Kesehatan, Kabupaten Bekasi mendapat jatah 12.234 dosis vaksin COVID-19 pada tahap pertama.

Baca juga: Bupati Bekasi tagih alokasi vaksin COVID-19 untuk daerahnya

Setelah vaksin datang, kita langsung susun jadwal vaksinasi. Rencananya proses vaksinasi awal diberikan di Puskesmas Cikarang," kata Alamsyah.

Dia mengatakan bahwa selanjutnya vaksinasi akan dilaksanakan di 91 fasilitas pelayanan kesehatan yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah.

Fasilitas kesehatan pelaksana vaksinasi COVID-19 meliputi 46 rumah sakit, 44 pusat kesehatan masyarakat, dan satu klinik di Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 Kabupaten Bekasi perkirakan pada Februari 2021

"Kita ikuti proses serta prosedur vaksinasi sesuai arahan pemerintah pusat. Termasuk soal tahapan pemberian vaksin," kata Alamsyah.

Pada tahap pertama, vaksinasi akan dilakukan pada petugas kesehatan dan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021