Bekasi, (Antara Megapolitan) - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengapresiasi terbentuknya Asosiasi Futsal Kota Bekasi, Jawa Barat, yang digagas insan-insan olahraga di wilayah setempat.

"Hal ini membuktikan bahwa olahraga futsal saat ini semakin tunbuh pesat di Kota Bekasi. Saya apresiasi inisiatif ini," katanya saat menghadiri pelantikan Kepengurusan AFK Bekasi periode 2015-2019 di Hotel Amaroossa, Kota Bekasi, Jumat.

Dalam kegiatan itu, Tofik Koswara didaulat sebagai Ketua AFK Bekasi untuk memimpin 20 anggotanya memajukan olahraga futsal di wilayah setempat.

Menurut Rahmat, pemerintah daerah akan mendukung berkembangnya olahraga tersebut dengan merencanakan pendirian fasilitas lapangan futsal berukuran standar untuk keperluan pembinaan.

Pihaknya memproyeksikan stadion futsal berukuran standar tersebut akan berlokasi di Lapangan Multiguna, Kecamatan Bekasi Timur.

"Sepakbola saja sudah punya stadion membanggakan berskala internasional, futsal juga harus punya yang demikian," katanya.

Menurut dia, selain dibangun lapangan futsal berikut fasilitasnya, lapangan tersebut juga akan memiliki fasilitas penunjang kegiatan olahraga lainnya, seperti jogging track, taman, dan lainnya.

Sementara itu, Ketua AFK Tofik Koswara mengklai asosiasi yang didirikan itu sebagai yang pertama di Indonesia untuk tingkat kota.

"Pembentukan asosiasi ini diawali dari obrolan santai seputar futsal. Namun obrolan pun diseriusi karena insan futsal di Kota Bekasi banyak yang mengingini adanya suatu wadah untuk memfasilitasi pengembangan serta pembinaan olahraga ini agar potensi yang ada tidak sia-sa," kata Tofik.

Potensi yang dimaksudnya berupa keberadaan klub amatir yang mencapai ratusan jumlahnya hingga pemain yang telah berlaga di skala nasional.

Tofik menggagas diadakannya kompetisi untuk berbagai jenjang usia mulai daru U-16, U-19, U-23, juga senior di awal kepemimpinannya.

"Dengan adanya kompetisi, pemain potensial mendapat kesempatan mengasah kemampuannya sehingga bukan tidak mungkin bisa berlaga di skala lebih tinggi," katanya.

Adapun program jangka panjang adalah memiliki klub profesional futsal untuk meningkatkan popularitas futsal sekaligus memunculkan kebanggaan bagi warga Kota Bekasi.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015