Koalisi Nasional Ketahanan Keluarga Indonesia (KN-KKI) yang telah resmi terbentuk siap berkiprah untuk program meningkatkan ketahanan keluarga masyarakat Indonesia.

Inisiator KNKKI Prof. Dr. Ir. Euis Sunarti, M.Si dalam pidato peresmian, Selasa mengatakan untuk mempercepat pembangunan diperlukan koordinasi strategi dan program Ketahanan Keluarga secara nasional maka dibentuk Koalisi Nasional Ketahanan Keluarga Indonesia (KN-KKI) sebagai wadah musyawarah yang bersifat independen, untuk menjadi mitra Pemerintah. 

Semua bersepakat bahwa Keluarga Indonesia harus diperkuat dalam menghadapi berbagai serangan yang menderanya, baik dari eksternal melalui pemikiran-pemikiran asing yang destruktif dan kontra-produktif dan internal.

Baca juga: GiGa siap bentuk KNKKI untuk percepat pembangunan ketahanan keluarga

Untuk memperkuat keluarga dari sisi internal dibuatlah instrument diagnostic ketahanan keluarga yang dinamai Fam link.  

Peresmian KNKKI ini menjadi momen peluncuran perdana aplikasi Fam Link ini yang  terdiri dari 7 (tujuh )instrument yaitu Siren Ga mendeteksi kerentanan Keluarga, Fungsi Ga mendeteksi keberfungsian Keluarga, Tahan Ga mendeteksi kemampuan keluarga, Aksi Ga mendeteksi kualitas interaksi keluarga.

Selanjutnya Siap Ga, mendetekai kesiapan berkeluarga Resiliensi Ga mendeteksi kemampuan mengubah aset menjadi faktor pelindung mencegah krisis keluarga Ling Ga mendeteksi persepsi keluarga terhadap lingkungan eksternal dan internal baik fisik maupun non fisik.

Output dari instrument ini adalah berupa tingkat/ level sesuai jenis instrumennya, misalnya ketika kita menggunakan instrument Siren Ga keluar angka 7, maka keluarga anda termasuk kategori cukup rentan. 

Setelah itu akan mendapat masukan upaya solusi atau referensi rujukan. Instrumen ini mempunyai tujuan agar keluarga bisa segera mencari solusi terbaik untuk menjaga keharmonisan dan keutuhan rumah tangga.

Baca juga: Pakar IPB: Ketahanan keluarga butuh harmonisasi maskulinitas dan feminitas

Perlindungan keluarga sangat dibutuhkan di era sekarang. Berbagai ancaman, tantangan sosial dan ekonomi mendera keluarga Indonesia. Jumlah penduduk miskin semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Pada Maret 2020 sebesar 26,42 juta orang, meningkat 1,63 juta orang dari September 2019 dan meningkat 1,28 juta orang dari Maret 2019. Masih ada 22,61 persen rumah tangga  belum memiliki akses terhadap sanitasi yang layak.

Berbagai masalah lain terkait keluarga ditunjukkan oleh peningkatan tindak kekerasan, konsumsi narkoba, pengidap HIV AIDS, kriminalitas. Ada 94 persen anak mengalami kekerasan verbal dikalangan anak sekolah dasar. 

Baca juga: Peran Pemuda dalam Ketahanan Keluarga

Jutaan warga pecandu narkoba sebesar 3.8 juta. Angka perceraian juga meningkat setiap tahunnya. Dari 408 ribu di 2018 menjadi 438 ribu di 2019. 

Belum lagi bencana alam. Per 1 september 2020 jumlah bencana alam yang menimpa adalah 1944 terdiri dari berbagai jenis seperti banjir, gempa dll. Sedangkan bencana non alam berupa pandemik Covid-19 ini sangat mengancam kualitas keluarga Indonesia.

Atas dasar berbagai pertimbangan diatas bertepatan dengan peringatan Hari Ibu diresmikan KN-KKI. Turut memberikan sambutan Prof dr. H. Fasli Djalal, PhD Rektor Univ YARSI , Dr Bagus Riyono, M.A, Dosen Psikologi UGM , Feizal Syahmenan  SH, MH dari PAHAM , Milatul Ulfa S.Si Ketua Gugus Tugas Penggiat Keluarga Muda.

KN-KKI dihadiri oleh  117 peserta sebagai pendiri yang terdiri dari para akademisi dan peneliti dari perguruan tinggi dan lembaga kajian dan pengembangan, perorangan yang berkontribusi dalam pembangunan keluarga, organisasi masyarakat, keagamaan, media dan dunia usaha dengan tidak melihat latar belakang Suku, Agama, Ras dan Adat Istiadat. 


 

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020