Sukabumi, (Antara Megapolitan) - Sebanyak 22 perusahaan berstatus badan usaha milik negara maupun swasta di Kota Sukabumi, Jawa Barat, membuka lowongan pekerjaan untuk ribuan pencari kerja yang berasal dari wilayah setempat maupun dari luar daerah.

"Sukabumi Career Expo baru pertama kali kami gelar tujuannya untuk menjaring sebanyak-banyak pencari kerja. Pada acara ini kami mengikutsertakan 22 perusahaan baik yang berstatus BUMS maupun BUMN," kata Wali Kota Sukabumi, M Muraz di Sukabumi, Rabu.

Menurutnya, pada acara ini seluruh warga yang berminat boleh mengikutinya, karenan yang menentukan siapa yang lulus dan dinyatakan menjadi karyawan di salah satu perusahaan itu adalah pihak perusahaan sendiri. Pemerintah di sini hanya menjembatani saja dan memfasilitasi agar lowongan pekerjaan yang selama ini hanya tersiar melalui dunia maya bisa langsung diketahui oleh para pencari kerja.

Pada acara ini, pihaknya juga menargetkan bisa menekan angka pengangguran khususnya di Kota Sukabumi yang masih bisa dikatakan tinggi yakni sekitar enam persen dari 246.700 jiwa angkatan kerja. Bahkan, pada tahun ini pemkot juga menargetkan bisa terserap minimal 5.000 pencari kerja dari wilayah setempat.

"Kami juga sudah mengimbau kepada perusahaan yang ikut serta dalam kegiatan ini untuk membuka lowongan pekerjaan bagi lulusan SMA sederajat. Bahkan kami juga mengapresiasi beberapa bank ternama yang masih tetap membutuhkan tenaga kerja lulusan SMA sederajat," tambahnya.

Sementara, Seketaris Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Sukabumi, Hudi K Wahyu mengatakan target dari kegiatan ini sekitar seribu pencari kerja terserap ke berbagai perusahaan. Dari pantauan pihaknya Sukabumi Career Expo yang digelar selama dua hari yakni 15 dan 16 April ini sekitar 5 ribu orang dari berbagai daerah memadati bebera stand perusahaan yang membuka lowongan kerja.

"Perusahaan yang banyak diminati pencari kerja, seperti bank dan pabrik pembuatan sepatu. Di kegiatan ini pencari kerja bisa memilih lowongan kerja yang tersedia sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing," katanya.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015