London (Antara/AFP/Antara Megapolitan) - Chelsea kemasukan gol jarak jauh yang dibukukan Charlie Adam, namun mereka mampu mempertahankan keunggulan tujuh angka di puncak klasemen Liga Utama Inggris melalui kemenangan 2-1 atas Stoke City pada Sabtu.

Arsenal sempat memangkas keunggulan Chelsea menjadi tujuh angka dengan menghancurkan Liverpool 4-1, dan skor imbang sempat terjadi ketika Adam membatalkan penalti Eden Hazard pada menit ke-39 melalui sepakan jarak jauh yang berbuah gol di Stamford Bridge.

Semenit sebelum turun minum, gelandang Skotlandia itu mendapat bola di area pertahanannya dan melepaskan tembakan dengan kaki kirinya yang tidak mampu dihentikan kiper Chelsea Thibaut Courtois untuk bersarang di gawangnya.

Itu merupakan gol yang mengingatkan kembali gol jarak jauh David Beckham ke gawang Wimbledon pada 1996, dan Chelsea sempat mendapat kesulitan ketika Diego Costa harus meninggalkan lapangan karena cedera otot paha belakang sepuluh menit setelah memasuki masa istirahat.

Namun Loic Remy memastikan kemenangan Chelsea pada menit ke-62, menyambar operan dari Hazard setelah Willian memotong lemparan Asmir Begovic, untuk membuat pasukan Jose Mourinho unggul tujuh angka dengan satu pertandingan yang belum dimainkan.

"Setiap kemenangan adalah satu langkah ke depan," kata Mourinho kepada BBC. "Pihak-pihak lain tahu bahwa mereka perlu memenangi setiap pertandingan. Bagi kami, kami harus berpikir mengenai diri sendiri dan melupakan pihak-pihak lain."

Mourinho, yang menyebut sepakan Adam sebagai gol "yang setiap pemain super akan suka untuk dapat mencetak gol seperti itu," mengatakan Costa akan absen "minimal" selama dua pekan.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Arsenal menghantam harapan-harapan Liverpool untuk lolos kualifikasi Liga Champions melalui kemenangan besar yang mendongkrak pasukan Arsene Wenger ke peringkat kedua.

Arsenal mengemas tiga gol dalam rentang waktu delapan menit sebelum turun minum di Stadion Emirates, melalui Hector Bellerin, Mesut Ozil, dari tendangan bebas langsung, dan Alexis Sanchez.

Jordan Henderson sempat memperkecil ketertinggalan melalui penalti pada menit ke-76, namun setelah Emre Can diusir keluar lapangan karena mendapatkan dua kartu kuning, Olivier Giroud mencetak gol keempat Arsenal di fase akhir pertandingan.

"Ini merupakan hari yang sangat hebat," kata pelatih Arsene Wenger. "Ini merupakan pertandingan yang penting pada hari ini. Kami memiliki peluang untuk membuat perbedaan dengan Liverpool dan kami mengambil kesempatan itu."

Ditaklukkan 1-2 oleh Manchester United sebelum jeda internasional, Liverpool sekarang telah kalah dua kali secara beruntun dan tertinggal tujuh angka di bawah empat besar, setelah United menang 3-1 atas Aston Villa.
   
Gol mengejutkan Rooney

Pelatih Liverpool Brendan Rodgers mengakui ini akan menjadi "sangat, sangat sulit" bagi timnya -- yang sebelumnya tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan -- untuk mengamankan tempat di empat besar dan kembali ke Liga Champions.

"Ini merupakan pertandingan yang perlu kami ambil sesuatu darinya," kata Rodgers kepada BT Sport.

"Hari ini merupakan kekecewaan besar, namun kami tidak bertahan cukup baik dalam momen-momen kunci pertandingan."

Juara bertahan Manchester City turun ke peringkat keempat menjelang lawatan mereka ke Crystal Palace pada Senin, setelah United menghancurkan Villa di Old Traford untuk merebut peringkat ketiga dan unggul delapan angka atas Liverpool.

Ander Herrera mencetak dua gol untuk tuan rumah dan Wayne Rooney membukukan satu gol melalui tembakan yang mengejutkan, sedangkan Christian Benteke membalas untuk Villa dengan sepakan yang tidak mampu diantisipasi David de Gea.

"Kami masih belum pasti mengenai kualifikasi Liga Champions -- ini masih merupakan persaingan ketat," kata pelatih United Louis van Gaal, yang timnya kini telah memenangi lima pertandingan secara beruntun.

"Namun kami memberi pukulan untuk Liverpool, dan Southampton juga kalah. Ini merupakan selisih yang besar. Sekarang kami harus menunggu untuk melihat apakah selisihnya terlalu besar juga untuk Tottenham."

Ketika Tottenham Hotspur, yang tertinggal satu angka di belakang Liverpool, mengunjungi Burnley pada Minggu, tim peringkat keenam Southampton menyia-nyiakan kesempatan untuk menembus lima besar setelah gol Phil Jagielka pada menit ke-16 membuat mereka kalah 0-1 di markas Everton.

Sementara itu, Queens Park Rangers dan Leicester City memperbesar peluang mereka untuk menghindari degradasi dengan raihan kemenangan, QPR menang 4-1 di markas West Bromwich Albion, dan Leicester menaklukkan West Ham United dengan skor 2-1.

Eduardo Vargas, Charlie Austin, Bobby Zamora, melalui sepakan lob dari sisi kanan, dan Joey Barton mencetak gol untuk untuk QPR di The Hawthorns, di mana pemain pengganti Victr Anichebe mengemas gol hiburan untuk West Brom melalui sundulan kepala.

QPR sekarang tertinggal satu angka dari tim peringkat keempat dari bawah Sunderland, sedangkan tim juru kunci Leicester mendekat empat angka dengan zona aman setelah gol Andy King dari jarak dekat di menit ke-86 menuntaskan perlawanan West Ham.

Pada pertandingan lain yang dimainkan Sabtu, Batefimbi Gomis mencetak dua gol untuk membawa Swansea City menang 3-1 atas tamunya Hull City, yang harus kehilangan David Meyler akibat mendapatkan kartu merah karena melakukan pelanggaran keras terhadap Kyle Naughton.

Penerjemah: A.R.A Adipati/A. Rachma.

Pewarta:

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015