Karawang, (Antara Megapolitan) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menggelar konferensi cabang serentak delapan kabupaten/kota se-wilayah II Jawa Barat, di Kabupaten Karawang, Senin.

"Konfercab (konferensi cabang) kami gelar serentak untuk efisiensi waktu, sesuai dengan daerah pemilihan," kata Ketua DPP PDIP Maruarar Sirait, di Karawang.

Delapan daerah yang terlibat dalam konfercab itu ialah Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten Purwakarta, Subang dan Karawang.

Ia mengakui Konfercab atau pemilihan Ketua DPC kali ini berbeda dari sebelumnya, yakni digelar serentak berdasarkan daerah pemilihan. Sedangkan sebelumnya konfercab digelar di setiap kabupaten/kota.

Pelaksanaan konfercab serentak tersebut bertujuan untuk efisiensi waktu. Hal itu terkait dengan rencana PDIP yang akan menggelar kongres di Bali pada April 2015.

"Kalau konfercab dilaksanakan per daerah (kabupaten/kota), waktunya tidak akan cukup untuk menghadapi kongres," katanya.

Maruarar juga menyatakan, konfercab yang digelar serentak kali ini berdasarkan azas musyawarah dan mufakat, yang diwakili pengurus anak cabang dan pengurus DPC yang bersepakat menunjuk ketua baru.

Konsep berazaskan musyawarah dan mufakat itu juga diharapkan mampu mengantisipasi potensi terjadinya konflik di internal partai.

Ketentuan itu berdasarkan Surat Keputusan DPP Nomor 006 dan 007 tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan Pengurus Baru di semua tingkatan. Pemilihan pengurus baru tidak ada pemungutan suara, tetapi melalui musyawarah dan mufakat.

Sementara Maruaru juga mengatakan, dalam kongres di Bali, April 2015, calon Ketua Umum PDIP periode 2015-2020 satu-satunya ialah Megawati Soekarno Putri. Hal itu sesuai desakan dari para kader partai.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015