Bogor, (Antaranews Bogor) - Sejumlah ruas jalan di Kota Bogor, Jawa Barat, yang akan dilalui iring-iringan pawai perayaan Cap Go Meh 2015 dialihkan untuk pengguna kendaraan pribadi maupun angkutan umum lainnya.

Anggota Panitia Pesta Rakyat Cap Go Meh 2015 Candra Kusuma, di Bogor, Selasa mengatakan, sejumlah ruas jalan yang dialihkan dan tertutup untuk umum seperti Jalan Surya Kencana, Jalan Siliwangi, Jalan Sukasari, Jalan Pajajaran dan Jalan Otto Iskandar Dinata.

"Lalu lintas akan dialihkan total sementara selama parade berlangsung, dimulai pukul 14.00 WIB," kata Candra.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya pada setiap perayaan Cap Go Meh masyarakat yang mengendarai kendaraan baik roda dua maupun roda empat dihimbau untuk menghindari jalur-jalur yang akan di lalui pawai budaya.

"Kami sudah menyebarkan informasi terkait kegiatan Cap Go Meh ini baik melalui selebaran maupun secara lisan," kata Candra.

Secara teknis, pengalihan dan penutupan sejumlah ruas jalan yang akan dilalui pawai budaya Cap Go Meh akan diatur sepenuhnya oleh aparat Kepolisian dan DLLAJ.

Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh ini nantinya melibatkan 10.000 orang pengisi dan pendukung acara karnaval yang diselenggarakan 5 Maret mulai pukul 16.00 WIB.

"Cap Go Meh ini diisi beragam kegiatan mulai dari Bebegig Sawah, Wayang Hihid, Street Line Dance, Sepeda Ontel, Bobokan Logor, Lengseran, Ogoh-ogoh, Cosplay, Karnaval, mobil shio, liong dan barongsai," katanya.

Selain itu, akan ada delapan panggung kesenian yang tersebar di sepanjang rute karnaval Cap Go Meh yang akan menyuguhkan hiburan kesenian dan kebudayaan bagi masyarakat yang datang.

"Sesuai tema Cap Go Meh ini merupakan ajang budaya Bogor pemersatu Bangsa," kata ketua Panitia Cap Go Meh Arifin Himawan.

Sebelum dimulai Pesta Rakyat Cap Go Meh sudah digelar serangkaian acara untuk memeriahkan datangnya Cap Go Meh yakni berupaya bazar yang diselenggarakan di halaman parkir Vihara Dhanagun.

Selanjutnya dilaksanakan kompetisi barongsai yang berlangsung selama dua hari yakni 28 Februari dan 1 Maret di BTM.

"Akan ada pertunjukan wayang golek semalam suntuk di halaman parkir Bogor Plaza pada 4 Maret dimulai pukul 21.00 sampai dini hari, dan 5 Maret di panggung Apotik Berbakti," katanya.

Perayaan Cap Go Meh ini didukung pengamanan baik oleh satuan Polres Bogor Kota maupun DLLAJ, Satpol PP dan unsur lainnya.

Kepala Bagian Operasi Polres Bogor Kota Kompol Sahroni mengatakan untuk pengamanan dari kepolisian melibatkan 345 orang personel.

"Dari unsur kepolisian yang dilibatkan sebanyak 345 orang, akan ada tambahan pengamanan dari TNI, DLLAJ dan Satpol PP," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015