Karawang, (Antaranews Bogor) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karawang, Jawa Barat, masih merampungkan tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah setempat yang rencananya akan digelar pada awal Desember 2015.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Karawang Riesza Affiat di Karawang, Senin mengatakan, semua tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) banyak yang diubah sejak disahkannya Undang Undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

"Apalagi tidak akan ada lagi tahapan uji publik, itu cukup mengganggu perumusan tahapan Pilkada. Kami masih merumuskan tahapan Pilkada," katanya.

KPU Karawang masih melakukan berbagai persiapan, termasuk merumuskan tahapan Pilkada. Tetapi rencananya, tahapan sosialisasi Pilkada Karawang akan dimulai April 2015, dan pencaftaran bakal calon bupati dibuka pada Juni 2015.

Menurut dia, pada Maret ini seharusnya sudah dilakukan sosialisasi Pilkada Karawang, karena dilihat dari pelaksanaan Pilkada awal Desember 2015, waktu itu cukup singkat.

Tetapi karena anggarannya masih belum dicairkan, maka tahapan sosialisasi ditunda sampai sebulan, dan baru akan dilakukan pada April 2015.

Riesza mengaku khawatir tentang pencalonan dari jalur independen jika sosialisasi Pilkada terus tertunda. Sebab, banyak prosedur yang harus ditempuh bagi bakal calon dari jalur independen.

Sementara itu, menjelang digelarnya Pilkada Karawang, para bakal calon dari berbagai partai politik sudah bermunculan. Bahkan, muncul pula para bakal calon yang akan maju melalui jalur independen.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015