Cibinong, (Antaranews Bogor) - Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia bidang teknologi informasi, khususnya pengelola Network Operations Center (NOC) melalui pelatihan.

"Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan SDM TI di Diskominfo Kabupaten Bogor guna mendukung terwujudnya kabupaten termaju di Indonesia," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor Wawan Munawar Sidik di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Ia menjelaskan NOC adalah tempat dari mana administrator mengawasi, memantau dan memelihara jaringan telekomunikasi.

Jaringan pusat operasi adalah titik fokus untuk mengatasi masalah jaringan, distribusi perangkat lunak dan "update", "router" dan manajemen nama domain, memantau kinerja, dan koordinasi dengan jaringan afiliasi.

NOC adalah lokasi pusat di mana perusahaan server dan peralatan jaringan berada, dan dapat berada baik di dalam kampus, perusahaan atau di lokasi eksternal.      

Seiring dengan perkembangan teknologi, pihaknya ingin mempersiapkan pelaksana TI yang ada sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan yang ada dengan berkembangnya teknologi ini.

Rencananya, setelah kegiatan pelatihan itu tidak berhenti hanya sekali saja.

Pelatihan, kata dia, akan dilakukan secara berkelanjutan sepekan sekali.

"Karena kami ingin mempersiapkan TI yang berkualitas, untuk memenuhi kebutuhan dan memaksimalkan yang ada di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor," katanya.

Ia mengatakan berkembangnya teknologi tentu menjadi permasalahan yang akan banyak dihadapi.

Oleh karena itu, kata dia, untuk meminimalisasi adanya kendala, pihaknya menyiapkan dengan pelatihan tersebut.

Wawan Munawar Sidik menambahkan NOC berada di bawah Seksi Pengelolaan Situs/Web Diskominfo.
 

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015