Bogor, 18/3 (ANTARA) - Pengelola Taman Wisata Mekarsari di Jalan Raya Cileungsi Kabupaten Bogor Jawa Barat menggelar program "Goes To Mall 2012" dengan tajuk acara "Be Smart With Nature".

"Kegiatan yang bertajuk 'Be Smart With Nature' ini senantiasa memberikan informasi berwisata alam yang edukatif untuk keluarga," kata Public Relations Manager Mekarsari Putri Ayu Pratami dalam surat elektroniknya kepada ANTARA, Minggu.

Putri mengatakan, program tersebut menyuguhkan berbagai pengetahuan lebih tentang tanaman buah, yakni cara budidaya tanaman buah dan sayur, pelestarian lingkungan serta mempertunjukan beraneka buah langka nusantara.

Putri menjelaskan, tujuan diselenggarakan program tersebut untuk memperkenalkan Taman Wisata Mekarsari secara langsung kepada masyarakat sebagai tempat wisata yang memiliki kredo 4-si, yakni konservasi, reboisasi, edukasi dan rekreasi.

"Kegiatan ini berlokasi di Pluit Village Mall Pluit Indah Raya Penjaringan Jakarta Utara mulai 17 Maret hingga 25 Maret," katanya.

Kegiatan tersebut berformat miniatur kebun buah di dalam mal akan memberikan nuansa berwisata layaknya berada di Mekarsari.

Pengunjung akan memasuki beberapa zona yang mewakili kegiatan edukasi dan rekreasi di Mekarsari.

"Seperti zona jeruk, zona durian, zona jambu Air, zona belimbing dan zona pepaya," jelasnya.

Selanjutnya, kata Putri, dalam program tersebut akan dimeriahkan oleh panggung hiburan.

Tidak hanya itu, di masing-masing zona para pengunjung akan diberikan pemaparan tentang buah-buahan yang terdapat di dalam zona tersebut seperti zona jeruk, pengunjung dapat mengenal aneka buah langka seperti kacang mentega, kluek, maja, salak afinis, kakao dan sebagainya. Selanjunya melihat melon aneka bentuk di antaranya melon kotak, melon bintang dan melon hati.

Di zona durian, pengunjung akan memperoleh ilmu tentang pembudidayaan tanaman buah dan sayur serta praktik menanam di dalam pot yang tanamannya dapat dibawa pulang.

Sementara di zona jambu air, pengunjung akan dihibur oleh berbagai lomba dan permainan, di antaranya lomba gambar, mewarnai dan fashion show bertema buah, lomba makan buah serta permainan puzzle buah dan buah tangga yang menyerupai permainan ular tangga.

Untuk zona belimbing, pengunjung pun akan melihat beberapa display wahana wisata di Taman Wisata Mekarsari seperti rumah pohon, rumah pongo dan kamping.

Pada zona pepaya, Taman Wisata Mekarsari menyediakan berbagai buah, bibit dan tanaman  yang dapat dibeli sebagai oleh-oleh seperti bibit tanaman sirsak, durian, jambu biji, nanas dan lain-lain.

"Pada panggung entertaiment, akan ada pertunjukan demo edukasi tentang budidaya tanaman buah, sayuran dan tanaman hias seperti demo menanam sayuran organik dengan sistem vertikultur, demo perbanyakan tanaman dengan cara okulasi atau stek dan masih banyak lagi," kata Putri.

Sementara itu, Kepala Divisi Marketing Communication Mekarsari Tama Sinulingga mengatakan, program "Mekarsari Goes To Mall" adalah program tahunan Mekarsari sebagai ajang memperkenalkan dan lebih mendekatkan Taman Wisata Mekarsari kepada masyarakat yang belum sempat berkunjung langsung ke Taman Wisata Mekarsari.

"Mekarsari 'Goes to Mall' ini memang merupakan kegiatan kali pertama di tahun 2012, namun sebelumnya kami telah menggelar kegiatan ini di empat mall pada tahun 2011 dengan tema yang beragam. Besar harapan kami 'Be Smart with Nature' dapat menambah informasi dan edukasi lebih pada masyarakat tentang buah langka nusantara, pembudidayaan tanaman buah dan sayuran dan manfaatnya," kata Tama.

 
Laily R

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012