Anggota Koramil 09 Samatiga, Kodim 0105 Aceh Barat menyamar sebagai virus corona (COVID-19) untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, untuk menghentikan penyebaran virus mematikan tersebut.

Terobosan kreatif itu dilakukan oleh TNI anggota Babinsa Serka Havendra Musa bersama rekannya, dengan cara menghias bola kaki menyerupai topeng virus corona, lalu kemudian melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan anjuran pemerintah.

Baca juga: Covid-19 Dan Potensi Instabilitas Polkamnas

Aksi ini kita lakukan melakukan sosialisasi tentang bahaya virus COVID-19 di masyarakat, sekaligus mencegah penyebaran virus corona di masyarakat, kata Komandan Koramil 09 Samatiga, Aceh Barat, Kapten Inf Suyono, Kamis.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan prajurit TNI dari kalangan Babinsa tersebut merupakan bentuk komunikasi sosial kepada masyarakat, sekaligus melakukan patroli keliling, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona di masyarakat.

Tidak hanya itu, prajurit TNI juga mendatangi masyarakat di setiap warung kopi agar menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah, dengan cara memakai masker, rajin mencuci tangan, serta menghindari kerumunan dan menerapkan pola jarak saat berinteraksi.

Baca juga: Perawat RSPAD buat Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menangis
Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri nyatakan siap mendukung adaptasi kebiasaan baru

Mari bersama kita dukung pemerintah untuk mencegah virus corona, dengan mengikuti protokol kesehatan anjuran pemerintah, kata Kapten Inf Suyono.

Khusus kepada masyarakat yang baru tiba dari luar daerah, pihaknya juga mengimbau agar setiap pendatang agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Isolasi mandiri juga bertujuan untuk mencegah membludaknya pasien virus corona, sekaligus mencegah penyebaran COVID-19 ke warga yang rentan, kata Suyono,

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020