Bogor, 29/9 (ANTARA) - Taman Safari Indonesia (TSI) mendapatkan penghargaan "Indonesia Green Awards" 2011, yang diserahkan langsung oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.

Humas Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Yulius H Suprihardo di Bogor, Kamis menjelaskan bahwa penghargaan tersebut diterima oleh salah satu Direktur TSI Tony Sumampau, yang juga Ketua Forum Konservasi Satwaliar Indonesia (FOKSI) pada Rabu (28/9) di Jakarta.

Ia menjelaskan bahwa pemberian penghargaan itu atas kerja sama antara Kementerian Kehutanan, majalah Bisnis & CSR, serta La Tofi School CSR.

 Menurut Yulius, tim juri yang diketuai oleh Ir Jalal, M.Si dengan anggota Tarman Azzam (Ketua Dewan Kehormatan PWI), Dr Ir Hadi Daryanto, DEA (Sekjen Kementerian Kehutanan), Prof Dr Ir Hardiansyah, MS (Ketua Umum Assosiasi Profesi CSR Indonesia), Ir Masyudi MA (Kepala Pusat Humas Kementerian Kehutanan ), Prof Dr Ibnu Hamad, M.Si (Direktur La Tofi School CSR ) dan La Yofi (pemimpin Redaksi Majalah Bisnis & CSR), memberikan penghargaan kepada 12 orang pemerhati lingkungan.

Pemerhati lingkungan itu untuk kategori perorangan, dan 22 untuk kategori perusahaan, yang semula berjumlah 65 yang kemudian dinilai.

Dikemukakannya bahwa salah satu penerima penghargaan tersebut adalah Taman Safari Indonesia, yang dipandang perlu menerima penghargaan untuk kategori penginpirasi bumi.

Tim juri menilai Taman Safari Indonesia berhasil mendatangkan satwa khas dari berbagai penjuru dunia untuk dilestarikan/ditangkarkan di Taman Safari Indonesia Bogor, Taman Safari Indonesia Prigen, Jawa Timur, dan Bali Safari Marine Park di Bali, melalui program penangkaran.

Kegiatan penangkaran ini sebelumnya melalui prakarsa pembangunan Taman Safari Indonesia pada tahun 1980, yang kemudian ditetapkan oleh
pemerintah sebagai Objek wisata nasional, dan juga sebagai lembaga konservasi "eks-situ" (di luar habitat) dan Pusat Penangkaran Satwa Langka Indonesia.

Ia menambahkan, sebelumnya Taman safari Indonesia, baik yang di Bogor, Prigen, Jawa Timur dan Bali, juga memboyong Penghargaan Sapta Pesona, Destinasi Pariwisata toilet terbersih untuk kategori kebun binatang, yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata pada Senin (26/9).

Menurut Tony Sumampau, dengan pemberian penghargaan itu Taman Safari Indonesia bertekad akan tetap mempertahankan prestasi yang sudah ada, serta akan meningkatkannya di masa mendatang, khususnya terhadap upaya pelestarian satwa.
 
A Fahir

Pewarta:

Editor : Budisantoso Budiman


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2011