Bogor, (Antaranews Bogor)  Korps Marinir Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) bekerjasama dengan Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia (PB FAJI) akan menggelar `Pre World Rafting Championship 2014, di Caldera Adventure Citarik, Kecamatan Cikidang, Sukabumi Jawa Barat pada Sabtu (29/11).

Humas Mako Marinir, Lettu Mar M Dian mengatakan kegiatan tersebut berlangsung selama enam hari, yaitu mulai Sabtu (29/11) hingga Kamis (3/12) mendatang.

"Sungai Citarik dipilih sebagai lokasi lomba karena volume air sungai tinggi selama musim hujan (Oktober - April). Pada saat musim kemarau masih ada beberapa rute alternatif yang dapat digunakan dan kondisi air sungai hangat dengan suhu 20-28C,"Katanya, Jumat.

Selain itu, lanjut Lettu Mar Dian, Sungai Citarik dinilai memiliki beberapa akses jalan masuk dan titik masuk di sepanjang sungai untuk media dan penonton serta dapat dilalui dengan mobil 2x4, 4x4, sepeda motor atau berjalan kaki.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk menghadapi Kejuaraan Dunia Arung Jeram World Rafting Championship 2015. Karena FAJI dipercaya menjadi tuan rumah. Kejuaraan ini rencananya akan diikuti tim arung jeram terbaik dari 60 Negara dan diselenggarakan pada lokasi yang sama mulai 28 Nopember hingga 6 Desember 2015.

"Tim arung jeram Indonesia dan tim arung jeram Malaysia akan menjajal ajang ini yang akan diawali pada Senin (1/12) untuk nomor Sprint & Head to Head. Selasa (2/12) Slalom dan Rabu (3/12) untuk nomor Down River Race,"Katanya.

Ia menjelaskan materi yang dilombakan baik untuk kategori putra dan putri dalam `Pre World Rafting Championship 2015' ini adalah Sprint, Head to Head, Slalom dan Down River Race. Sprint adalah lomba pengarungan jarak pendek kurang lebih 800 meter untuk kepentingan seeding, dari nomor ini diketahui rangking posisi peserta yang digunakan untuk menentukan masing-masing lawan di lomba berikutnya.

`Head to head' adalah lomba adu kecepatan jarak pendek kurang lebih 800 meter. Peserta yang kalah gugur, yang menang akan diadu lagi sampai ke Final. Slalom adalah lomba ketangkasan dimana setiap tim harus melewati gawang sesuai dengan urutan nomor. Terdapat dua macam gawang yaitu yang harus dilalui dari hulu ke hilir (downstream) atau sebaliknya (upstream). Nomor ini paling menarik untuk ditonton.

Sedangkan Down River Race adalah lomba jarak jauh untuk menguji ketangkasan, ketangguhan dan juga nyali karena dalam pengarungan akan melewati jeram-jeram dengan tingkat kesulitan IV (Advance).

Ajang Pre World Rafting Championship 2014 akan dijadikan FAJI sebagai tolok ukur keberhasilan pembinaan dan proses regenerasi prestasi atlet-atlet arung jeram Indonesia di kancah internasional dan mempersiapkan seluruh atlet dari semua lapisan untuk menghadapi tantangan kejuaraan internasional.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014