Kasus positif COVID-19 yang sembuh di Kota Bogor pada Minggu (5/7) bertambah lima kasus sehingga jumlah kasus positif sembuh seluruhnya menjadi 125 kasus atau 64,76 persen dari jumlah total kasus positif COVID-19 yakni 193 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno mengatakan hal itu melalui pernyataan tertulisnya di Kota Bogor, Minggu (5/7), saat menyampaikan "update" data harian penyebaran COVID-19 di Kota Bogor.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 sembuh di Kota Bogor meningkat jadi 64,28 persen

Menurut Retno, panggilan Sri Nowo Retno, persentase kasus positif sembuh di Kota Bogor hari ini meningkat dibandingkan hari Sabtu (4/7) kemaren 63,82 persen, tapi masih lebih rendah dibandingkan dengan hari Jumat (3/7) mencapai 65,38 persen.

Kasus positif sembuh pada Minggu hari ini tambah lima kasus, tapi di sisi lain kasus baru positif COVID-19 juga tambah lima kasus lagi, dari 188 kasus pada Sabtu menjadi 193 kasus pada Minggu.

Baca juga: Lagi, kasus positif COVID-19 sembuh di Kota Bogor tambah empat orang

Adanya tambahan enam kasus positif baru pada Sabtu dan lima kasus pada Minggu menunjukkan tren penyebaran COVID-19 di Kota Bogor meningkat.

Menurut Retno, Pemerintah Kota Bogor terus melakukan berbagai upaya untuk menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Bogor. Salah satunya adalah membentuk tim deteksi aktif (Detektif) COVID-19 yang dibagi dalam dua kelompok yakni kelompok pelacak dan kelompok pemantau.

Kedua kelompok tersebut, bertugas melacak dan pemantau penyebaran COVID-19 di seluruh wilayah Kota Bogor pada tingkat kecamatan, kelurahan, hingga RW.

Baca juga: Jumlah pasien positif COVID-19 di Kota Bogor yang sembuh capai 61,11 persen

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan tingkat penularan COVID-19 di Kota Bogor pada pekan ini adalah terendah dari lima daerah di Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek) yakni 0,33.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Jawa Barat, tingkat penularan COVID-19 di empat daerah lainnya di Bodebek adalah Kota Depok 1,17; Kota Bekasi 0,71; Kabupaten Bogor 0,66; dan Kabupaten Bekasi 0,57.

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020