Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang, Banten terus berupaya menjaga persediaan darah di masa Pandemi COVID-19 yang salah satunya bekerjasama Karang Taruna Kelurahan Periukjaya dengan mengadakan kegiatan donor darah di aula kelurahan setempat.

"Selain untuk menjaga persediaan darah, kegiatan ini dalam kerangka membangun kebersamaan dalam kepedulian sesama. Apalagi seperti diketahui selama masa pandemi ini pasokan darah dari pendonor berkurang karena adanya pembatasan aktivitas, maka dari itu kami gencar melakukan berbagai kegiatan seperti ini," kata Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan melalui sambungan telepon, Minggu.

Baca juga: Polri gandeng PMI gelar donor darah massal peringati HUT Bhayangkara di Banten
Baca juga: PMI bersama warga Tangerang gelar aksi donor darah

Sementara, Ketua Karang Taruna Periukjaya menambahkan pihaknya menggandeng PMI untuk melakukan aksi sosial sebagai bentuk peduli terhadap sesama, terutama yang membutuhkan darah dan melihat kondisi persediaan darah di PMI yang semakin menipis.

Maka dari itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan persediaan darah di PMI tetap terjaga dan tentunya pihaknya juga mensosialisasikan bahwa donor darah ini bisa membuat sehat tubuh dan tidak perlu khawatir meskipun sedang pandemi COVID-19 kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan maksimal.

Ke depannya kegiatan donor darah ini menjadi agenda rutin pihaknya, apalagi melihat antusias warga yang ingin mendonorkan darahnya sangat tinggi dan banyak permintaan dari masyarakat agar bisa dilaksanakan secara rutin di Kelurahan Periukjaya, sehingga tidak perlu jauh-jauh datang ke PMI Kota Tangerang.

Baca juga: PMI Kota Tangerang sebut persediaan darah berkurang tetapi stok cukup

Di tempat yang sama, Sekretaris Kelurahan Periukjaya Muhdi Komarudin mengapresiasi langkah dari karang taruna yang melaksanakan aksi donor darah, apalagi seperti diketahui persediaannya terus menipis di masa pandemi seperti sekarang ini yang disebabkan beberapa faktor seperti adanya pembatasan aktivitas untuk mencegah penyebaran COVID-19. dia mengatakan kegiatan seperti ini perlu rutin diadakan agar menjaga rasa kepedulian dan semakin solid buat karang taruna.

"Donor darah ini tidak hanya bermanfaat maupun bisa menyelamatkan nyawa orang yang membutuhkan transfusi darah, tetapi bagi pendonornya pun jika dilakukan secara rutin maka kesehatannya terjaga dan menurunkan kekentalan darah, risiko kanker serta berat badan bisa proposional," katanya. (KR-ADR)

Pewarta: Humas PMI/Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020