Karawang, (Antaranews Bogor) - Para kaum perempuan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, rawan terkena kanker serviks, karena itu perempuan tidak hanya menjaga kecantikan, tetapi juga menjaga kesehatan luar dan dalam, kata Wakil Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Minggu.

"Daerah Karawang ini rawan serangan kanker serviks. Jadi bagi kaum perempuan, perlu juga menjaga kesehatan luar dalam, tidak hanya merawat kecantikan," katanya, disela kegiatan seminar Pencegahan Kanker Serviks dan Bahaya Seks Bebas, di Karawang.

Ia menekankan agar kaum perempuan menjaga kesehatan bagian tubuh lain, karena hal itu seringkali kurang dipikirkan oleh kaum perempuan. Padahal risiko terkena kanker serviks itu cukup tinggi, bila kaum perempuan itu tidak dirawat dengan baik.

Menurut dia, saat ini Karawang terus mengalami perkembangan. Kemajuan daerah Karawang memerlukan warga Karawang yang tidak hanya pintar dan cerdas, tetapi juga sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Karawang Asep Hidayat Lukman, mengatakan, seminar Pencegahan Kanker Serviks dan Bahaya Seks Bebas itu perlu digelar untuk meningkatkan kewaspadaan kaum perempuan terhadap bahaya penyakit itu.

"Kegiatan ini perlu diikuti kaum perempuan, apalagi yang menjadi narasumbernya itu cukup berkompeten, yakni dr Boyke Dian Nugraha dan lainnya," kata Asep.

Dikatakannya, seminar Pencegahan Kanker Serviks dan Bahaya Seks Bebas itu diikuti kaum perempuan dari 30 kecamatan yang ada di Karawang. Selain itu, juga dihadiri puluhan mahasiswi dari kampus atau sekolah tingkat SMA yang ada di Karawang.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014