Cibinong, (Antaranews Bogor) - Budaya bersepeda disosialisasikan bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-50 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang digagas RSUD Ciawi.

"Kita ingin menyosialisasikan budaya bersepeda agar masyarakat lebih sehat dan segar," kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi Hesty Suwandari di Cibinong, Minggu.

RSUD Ciawi menggelar acara "fun bike" yang diikuti ratusan masyarakat yang berasal dari Jabodetabek, dan "menggowes" sepedanya di Taman Budaya, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, saat merayakan puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50 tingkat Kabupaten Bogor.

Jalur bersepeda yang harus dilalui peserta yakni sepanjang 3 km untuk pemula dan 5 km untuk profesional.

Hesty Suwandari menyatakan pihaknya memilih "fun bike" karena selain ingin mengampanyekan pola hidup bersih dan sehat, juga kampanye antirokok.

Pihaknya mengharapkan dengan diperingatinya HKN ke-50 ini masyarakat akan lebih sadar dengan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta bahaya rokok.

"Tentunya kita akan terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Bogor untuk mewujudkan sebagai kabupaten termaju di Indonesia," katanya.

Salah satu peserta, Ajie Kurnia, warga Sukaraja, mengaku sangat senang mengikuti "fun bike" tersebut.

Alasannya, selain menggemari olahraga bersepeda, ia juga ingin berpartisipasi merayakan HKN ke-50 tingkat Kabupaten Bogor.

"Saya ikut `fun bike` ini bersama seluruh keluarga saya, istri dan anak-anak pun antusias," katanya.

Selain bisa berkumpul dengan para penggemar olahraga sepeda, kegiatan itu juga sebagai sarana "refreshing" keluarga yang menyehatkan.

Mengenai HKN, ia menilai masyarakat Kabupaten Bogor harus menjadi masyarakat yang sehat agar dapat berpartisipasi dalam pembangunan.

"Mudah-mudahan pemerintah bisa terus meningkatkan derajat kesehatan warganya," katanya.

Selain "fun bike" peringatan HKN ke-50 diisi dengan kegiatan bakti sosial, operasi katarak, santunan anak yatim dan simposium kesehatan. 

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014