Karawang, (Antaranews Bogor) - "Binojakrama Padalangan" atau Kompetisi Pedalangan tingkat Jawa Barat mewarnai peresmian Kampung Budaya Kabupaten Karawang, Senin malam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat Dadan Sugardan mengatakan, Kompetisi Pedalangan tingkat Jabar ini menjadi kegiatan pertama di Kampung Budaya.

"Sebab, peresmian Kampung Budaya di Desa wadas, Kecamatan Telukjambe Timur ini diiisi dengan Kompetisi Pedalangan," katanya, di Karawang.

Kompetisi Pedalangan yang diikuti 20 dalang dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Barat tersebut digelar selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu (29/10).

Menurut dia, Kegiatan Kompetisi Pedalangan itu sendiri digelar secara rutin, setiap dua tahun sekali. Kegiatan itu diprakarsai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jabar serta Persatuan Pedalangan Indonesia Jabar.

Pada tahun ini, Karawang menjadi tuan rumah karena menjuarai Binojakrama Padalangan dua tahun lalu.

Untuk memenuhi kegiatan tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp350 juta.

Wakil Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana berharap para seniman dan budayawan di Karawang dapat benar-benar memanfaatkan keberadaan Kampung BUdaya yang telah diresmikan.

"Dari Kampung Budaya ini diharapkan dapat melahirkan banyak seniman dan budayawan muda yang andal," kata dia.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014