Komisi III DPRD Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyampaikan selama ini terjadi penumpukan sampah di sejumlah Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah.

Atas hal itu, pengelolaan sampah yang bernilai ekonomis bisa dipilah dari setiap rumah tangga dan berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Jalupang.

"Solusinya ya harus mulai dari kesadaran setiap individu. Setidaknya dimulai dari setiap rumah tangga, jadi tidak harus selalu dibebankan kepada dinas," kata Ketua Komisi III DPRD Karawang Endang Sodikin, Kamis.

Sebagai mitra pemerintah, DPRD telah mengetahui beban yang dialami Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK)Karawang, dimana anggaran dan alat operasional yang kurang mendukung masih menjadi kendala.

"Sampah jika terus dibebankan harus diangkut semua ke TPA pasti kurang maksimal, karena sampah setiap hari bertambah dari laporan DLHK," katanya.

Maka solusi yang tepat untuk mengurangi beban sampah ke TPA bisa dimulai dari diri sendiri. Setiap masyarakat mulai dari rumah sudah melakukan pemilahan sampah. Sehingga ada partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di Karawang. (adv)

Pewarta: Humas DPRD Karawang

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020