Sabtu, 23 September 2017

Satu Jamaah Haji Kota Bogor Wafat

id haji, Seksi Urusan Haji dan Umroh, Kementerian Agama Kanwil, Kota Bogor, Ade Sarmili, kloter 69, Samsul Bahri, warga Tanah Sareal, meninggal, Wali Kot
Satu Jamaah Haji Kota Bogor Wafat
ILustrasi - Jamaah haji kembali ke tanah air. (ANTARA FOTO/Syaiful Arif/Dok).
Tahun ini ada satu jamaah yang meninggal dunia atas nama Samsul Bahri warga Tanah Sareal, meninggal Senin (4/9) kemarin, karena sudah lanjut usia dan sakit.
Bogor (Antara Megapolitan) - Satu dari 1.062 jamaah haji asal Kota Bogor, Jawa Barat, meninggal dunia di Makkah usai melaksanakan ibadah haji, jenazah dimakamkan di Tanah Suci.

"Tahun ini ada satu jamaah yang meninggal dunia atas nama Samsul Bahri warga Tanah Sareal, meninggal Senin (4/9) kemarin, karena sudah lanjut usia dan sakit," kata Kepala Seksi Urusan Haji dan Umroh, Kementerian Agama Kanwil Kota Bogor, Ade Sarmili, kepada Antara, Sabtu.

Ade menyebutkan jamaah yang meninggal dunia tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 69 yang rencananya akan pulang kembali ke Tanah Air pada tanggal 27 September mendatang.

Secara keseluruhan lanjut Ade, pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan lancar, tidak ada kendala dan kesulitan yang dihadapi. Seperti jamaah haji yang meninggal dunia setelah ibadah hajinya selesai.

"Jamaah yang meninggal dimakamkan di Makkah," kata Ade.

Pelaksanaan ibadah haji telah berakhir, jamaah haji asal Kota Bogor mulai menunggu jadwal kepulangan. Dari 1.062 jamaah haji yang diberangkatkan, terbagi dalam tiga kelompok terbang yakni kloter 04 sebanyak 404 orang. Kloter 69 sebanyak 400 orang dan kloter 77 sebanyak 258 yang merupakan gabungan dengan jamaah haji asal Kabupaten Bogor.

Ade menyebutkan jamaah haji kloter 4 telah tiba di Kota Bogor Jumat (8/9) kemarin dalam keadaan selamat dan jumlahnya utuh 404 orang. Kedatangan jamaah disambut langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto di Masjid Raya Bogor.

Saat ini jamaah haji kloter 69 masih menjnggu jadwal kepulangan ke Tanah Air. Rencananya jamaah akan diberangkat dari Makkah menuju Madinah pada tanggl 17 September untuk melaksanakan ibadah arbain, dan berziarah ke makam Rasulullah SAW.

Begitu pula dengan jamaah haji kloter 77 akan diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah tanggal 19 September. Seluruh jamaah akan pulang ke Tanah Air melalui Madinah.

"Kloter 69 dijadwalkan tiba di Tanah Air tanggal 27 September, dan kloter 77 pada tanggal 29 September," kata Ade.

Editor: Naryo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga