Sabtu, 23 September 2017

Dishub Depok Segera Tambah Rambu Lalin SSA

id Dishub Depok Segera Tambah Rambu SSA, Kota Depok, Dewi Sartika, Nusantara, ARH, Mohammad Idris
Dishub Depok Segera Tambah Rambu Lalin SSA
Kadis Dishub Kota Depok Ganadar Budiana (Kedua dari kanan) ketika mendampingi Wali Kota Depok Mohammad Idris (Keempat dari kanan) ketiak meninjau ruan ATCS. (Antara Foto/Feru Lantara)
Penambahan rambu dan marka jalan kami lakukan untuk meningkatkan kinerja jaringan jalan secara keseluruhan.
Depok, (Antara Megapolitan) - Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Gandara Budiana mengatakan pihaknya akan menambah sejumlah rambu lalu lintas dan marka jalan di sepanjang jalur Sistem Satu Arah (SSA) agar memudahkan pengendara berlalu lintas.

"Penambahan rambu dan marka jalan kami lakukan untuk meningkatkan kinerja jaringan jalan secara keseluruhan," kata Gandara di Depok, Jumat.

Ia memastikan bahwa uji coba SSA akan terus dilaksanakan sembari dikaji pelaksanaannya karena hasil evaluasi membuktikan SSA mampu mengurai kemacetan di Jalan Nusantara, Jalan Dewi Sartika dan Jalan Arief Rahman Hakim.

Sedangkan mengenai adanya aksi penolakan warga, Gandara menilai hal itu wajar terjadi setiap adanya perubahan demi kepentingan bersama.

Ia mengatakan kebijakan baru meski masih dalam tahap ujicoba memang selalu ada pro dan kontra. Namun yang pasti, apa yang kami lakukan ini adalah demi kepentingan masyarakat yang lebih luas.

Pihaknya akan menampung segala keberatan warga dan pedagang yang menolak penerapan SSA di Jalan Dewi Sartika, Jalan Nusantara dan Jalan Arief Rahma Hakim.

"Kami terima dan tampung semua keluhan serta keberatan warga terkait SSA ini," katanya.

Sehingga semua keluhan dan alasan keberatan warga masuk dalam kajian SSA yang diterapkan. "Kami harap semua keluhan bisa teratasi sehingga pelaksanaan SSA bisa lebih baik," katanya.

Sementara itu salah seorang warga Depok, Ibnu Sutikno mengatakan sehari-hari lewat jalur Dewi Sartika menggunakan mobil pribadi, kini perjalanannya selalu lancar tak menemui kemacetan.

Selain itu, jarak tempuh yang dibutuhkan dari rumahnya di Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, menuju salah satu rumah sakit swasta di Margonda Depok juga jadi semakin cepat.

"Saya sehari-hari mengantar bapak saya untuk berobat jalan, lewat Dewi Sartika jadinya lebih lancar. Bapak juga tidak kelelahan di jalan karena sebelum SSA lewat Dewi Sartika selalu macet," jelasnya.

Menurut dia, kebijakan SSA ini diyakini sebagai program yang memperhatikan kepentingan seluruh warga Depok. Untuk itu, dirinya sangat mendukung SSA, bahkan berharap diperpanjang kebijakannya.

Begitu juga dengan Sahnan (50) ia merasakan manfaat yang besar dengan adanya SSA ini. Warga RT 01/RW 07 Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, ini biasa mengunjungi sahabatnya yang berada di di daerah Cilodong, tanpa harus kelelahan di jalan.

Sekarang lebih lancar lewat Dewi Sartika, biasanya saya harus berpanas-panasan karena macet yang diakibatkan lewatnya kereta api di sana dan keberadaan pasar. Sekarang sudah lancar, katanya. ***1***

Ridwan Chaidir

(T.F006/B/R010/R010) 08-09-2017 21:31:07

Editor: Feru Lantara

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga