Kamis, 21 September 2017

Pomade Dari Susu Juarai Lomba Karya Ilmiah Nasional

id pomade, bahan penata rambut, bahan dasar susu, Rambut sehat, stylish, Akhmad Sudadi, mahasiswa, Institut Pertanian Bogor, IPB, Dies Natalis ke-53, Fak
Pomade Dari Susu Juarai Lomba Karya Ilmiah Nasional
Tim mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil meraih juara pertama Lomba Karya Tulis Nasional yang dihelat oleh Fakultas Peternakan, Universitas Padjajaran di Jatinangor, Jawa Barat. (Humas IPB/Akhmad Sudadi dan Tim).
Lomba tersebut juga merupakan salah satu rangkaian acara Dies Natalis Fakultas Peternakan Unpad ke-53.
Bogor (Antara Megapolitan) - Rambut sehat dan stylish, siapa yang tidak mau? Apalagi mewujudkannya dengan bahan ramah lingkungan dan tentunya alami. Tiga orang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) membuat produk Pomade, bahan penata rambut berbahan dasar susu.

Hasil peternakan yang kaya nutrisi ini berfungsi menyehatkan rambut dengan kandungan yang dimilikinya. Beberapa bahan lain diracik  tim yang terdiri dari Akhmad Sudadi, Ikhsan Suhendro, dan Ryan Fachrozan hingga menjadi produk Pomade siap pakai yang diberi nama Pomilk.

Berkompetisi dengan finalis lainnya dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, Akhmad Sudadi dan timnya berhasil meraih juara pertama. Lomba Karya Tulis Nasional yang dihelat oleh Fakultas Peternakan, Universitas Padjajaran itu diadakan akhir tahun silam di Jatinangor, Jawa Barat.

Lomba tersebut juga merupakan salah satu rangkaian acara Dies Natalis Fakultas Peternakan Unpad ke-53. Rangkaian lomba berhasil diselesaikan  tim IPB dengan membawa produk Pomilk kreasinya pada babak final.

Mengacu pada produk Pomade yang telah ada, minat masyarakat terhadap produk serupa cukup tinggi. Dengan tujuan menciptakan produk bermanfaat dan sehat, selama kurang lebih dua bulan, tim ini berkreasi dengan bahan susu, vaselin, lilin lebah, minyak kemiri, dan minyak jarak.

Dengan bahan tersebut Pomilk dirancang menjadi produk yang mampu bersaing dengan produk Pomade lain yang telah beredar di pasaran. Penggunaan produk selain Pomilk memberikan nutrisi bagi rambut agar lebih sehat, hitam, dan berkilau.

Proses pembuatan Pomilk diantaranya pemanasan lilin lebah dan vaselin, kemudian ditambah susu termodifikasi, serta bahan-bahan lainnya. Penggunaan Pomilk semakin disukai juga dengan pemberian fragrance pada Pomilk.

Karya hasil mahasiswa Fakultas Peternakan IPB ini diproyeksikan menjadi produk bisnis, agar pemanfaatannya lebih luas lagi. (ESKA/ris)

Editor: Naryo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga