Kamis, 21 September 2017

UI Siap Menjadi Kampus Unggulan Asia Tenggara

id Universitas Indonesia, UI, rektor UI, Muhammad Anis, Tridharma Perguruan Tinggi, PTN BH, wisuda, Cumlaude, depok
UI Siap Menjadi Kampus Unggulan Asia Tenggara
Gedeng Rektorat Universitas Indonesia (UI). (Antara Foto/Feru Lantara/Dok).
Teruslah bekarya nyata dan inovatif di bawah pengayoman Veritas, Probitas, Justitia: Kejujuran, Kebenaran, Keadilan.
Depok (Antara Megapolitan) - Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis mengatakan dalam menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi, UI melakukan konsolidasi semua potensi guna bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) menuju kampus unggulan di Asia Tenggara.

"Sejumlah upaya yang tengah UI lakukan di antaranya Pembangunan Sarana dan Prasarana, Peningkatan Budaya Riset dan Inovasi, Peningkatan Kapasitas SDM Universitas dan Perluasan Kemitraan di tingkat Internasional," kata Anis dalam sambutannya saat wisuda di Balairung UI Depok, Jumat.

Anis mengajak para wisudawan mengisi kemerdekaan dengan komitmen dan semangat untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan serta menciptakan ragam inovasi sebagai bekal bangsa Indonesia untuk mandiri dan berdaya saing di era globalisasi.

"Teruslah bekarya nyata dan inovatif di bawah pengayoman Veritas, Probitas, Justitia: Kejujuran, Kebenaran, Keadilan. Tingkatkan sumbangsih bagi bangsa dan negara tercinta melalui bidang keilmuan masing-masing," katanya.

Sebanyak 2.012 dari 8.481 wisudawan Universitas Indonesia (UI) berhasil mendapatkan predikat cumlaude, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Valdi Rachman dari Program Studi Ilmu Komputer dengan IPK sempurna yaitu 4,00.

UI melakukan Upacara Wisuda Program Pendidikan Diploma/Vokasi, Sarjana hingga Doktoral semester genap tahun akademik 2016/2017. Para upacara wisuda program Sarjana Reguler dan Sarjana Kelas Internasional, UI melepas 2.967 lulusan Sarjana yang terdiri atas 2.762 lulusan Program Sarjana Reguler dan 205 wisudawan Sarjana Kelas Internasional.

Pada program Sarjana Reguler, sebanyak 794 wisudawan berhasil mendapatkan predikat cumlaude. Sementara itu, pada Program Sarjana Kelas Internasional, sebanyak 29 wisudawan meraih predikat cumlaude dengan IPK tertinggi yaitu 3,92 yang diraih oleh Muhammad Levy Aninditio, yang merupakan lulusan dari Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik.

"Lulusan termuda berpredikat Cumlaude pada Upacara Wisuda kali ini diraih oleh England Rhys Can mahasiswa S1 Kelas Internasional Jurusan Ilmu Ekonomi pada usia 19 tahun," jelasnya.

Dikatakannya, upacara wisuda merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan akademik di UI, dan momentum UI untuk mempersembahkan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai bagian dari kekuatan bangsa Indonesia setelah selama beberapa waktu membentuk diri di UI untuk menjadi bagian dari masyarakat Indonesia yang berkualitas.

"Pengalaman yang didapatkan selama menempuh studi di UI akan menjadi bekal dalam berkiprah di masyarakat luas," katanya.

Keesokan pada Sabtu (26/8), UI juga akan melaksanakan Upacara Wisuda untuk Program Profesi, Spesialis, Magister & Doktor yang diikuti oleh 3.074 Wisudawan, terdiri atas 360 wisudawan Program Profesi, 398 wisudawan Program Spesialis, 2.150 wisudawan Program Magister, dan 166 wisudawan Program Doktor.

Serta dilanjutkan dengan upacara wisuda sesi terakhir untuk Program Sarjana Paralel, Sarjana Ekstensi dan Vokasi dengan jumlah wisudawan sebanyak 2.440 orang, yang terdiri atas 860 wisudawan program Sarjana paralel, 280 wisudawan Sarjana Ekstensi, dan 1.300 wisudawan Vokasi.

Editor: Naryo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga