Minggu, 23 Juli 2017

Tiga Komoditas Di Sukabumi Naik Harga Jelang Ramadhan

id Tiga, Komoditas, Di, Sukabumi, Naik, Harga, Jelang, Ramadhan
Tiga Komoditas Di Sukabumi Naik Harga Jelang Ramadhan
Harga kebutuhan pokok masih stabil (Foto Antara/ Yudi Abdulah/dok).
Ketiga komoditas kebutuhan masyarakat tersebut adalah cabai rawit hijau, telur ayam ras dan bawang merah
Sukabumi (Antara Megapolitan) - Kurang dari dua pekan menjelang Ramadhan 1438 H, harga tiga komoditas pangan di Kota Sukabumi, Jawa Barat mulai mengalami peningkatan.

"Ketiga komoditas kebutuhan masyarakat tersebut adalah cabai rawit hijau, telur ayam ras dan bawang merah," kata Kepala Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi Ayep Supriatna di Sukabumi, Kamis.

Adapun kenaikan harga cabai rawit hijau dari Rp28.000 menjadi Rp32.000 setiap kilogram. Kemudian telur ayam ras naik Rp2.000/kg dari Rp21.000 menjadi Rp23.000/kg dan  bawang merah yang awalnya hanya Rp28.000 menjadi Rp30.000 setiap kilogram.

Dari pantauan petugas tersebut, kenaikan harga ketiga komoditas itu disebabkan adanya penurunan pasokan sehingga imbasnya harga menjadi naik.

Menurutnya, walaupun ada penurunan pasokan, tetapi persediaan atau stok masih mencukupi. Selain itu, permintaan pun masih normal hanya saja harga ketiga komoditas tersebut sudah naik dari tingkat distributor.

Ia menambahkan selain ketiga komoditas harga kebutuhan pokok dan nonpokok masyarakat tersebut naik, ada beberapa komoditas lainnya yang harganya malah turun yakni harga cabai merah TW yang awalnya Rp38.000 menjadi Rp36.000/kg.

"Menjelang Ramadhan ini harga kebutuhan pokok dan nonpokok masih berfluktuasi dan walaupun ada peningkatan masih dalam batas wajar," tambahnya.

Sementara, untuk harga kebutuhan pokok masyarakat lainnya seperti beras saat ini masih stabil yakni untuk jenis Ciherang Rp9.600/kg, IR 64 KW 1 Jampang Rp9.200/kg dan IR 64 KW 2 Jampang Rp9 ribu/kg. Kemudian serta daging sapi dan kerbau masing-masing Rp110 ribu/kg daging ayam potong Rp33 ribu/kg.

Ayep mengatakan pihaknya sudah menugaskan petugasnya untuk memantau setiap perkembangan harga dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk antisipasi adanya oknum pedagang yang melakukan penimpunan atau mempermaikan harga menjelang Ramadhan ini.

Editor: Andi Firdaus

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga