Minggu, 25 Juni 2017

Ini Dana Pertamina Yang Digelontorkan Bangun Jalan Karawang

id pertamina, PHE-ONWJ, Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java, Vice President PHE ONWJ, Amrullah Muiz, pembangunan jalan, pantai utara, Desa Se
Anggaran sekitar Rp14-15 miliar itu dikeluarkkan untuk membangun jalan beton sepanjang 2,4 kilometer.
Karawang (Antara Megapolitan) - PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE-ONWJ) menggelontorkan Rp14-15 miliar untuk pembangunan jalan di daerah pantai utara yang terisolir, Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jabar.

Vice President PHE ONWJ Amrullah Muiz, di Karawang, Kamis, mengatakan pihaknya sengaja membangun infrastruktur jalan karena itu yang dibutuhkan masyarakat setempat.

Selama bertahun-tahun, masyarakat pesisir utara di sekitar Desa Sedari terisolir. Mereka kesulitan akses karena tidak ada jalan darat, dan hanya mengandalkan transportasi air melalui sungai besar yang ada di daerah itu.

"Anggaran sekitar Rp14-15 miliar itu dikeluarkkan untuk membangun jalan beton sepanjang 2,4 kilometer," katanya, disela peresmian jalan Desa Sedari.

Selain membangun jalan itu, PHE ONWJ yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina Persero itu juga membangun dua jembatan penghubung di Desa Sedari.

Ia berharap dengan adanya pembangunan jalan dan jembatan itu dapat memudahkan akses transportasi masyarakat Desa Sedari dan meningkatkan roda perekonomian masyarakat.

"Ini (pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan) sebagai bentuk terima kasih kami, karena sudah mendukung pengelolaan operasional migas dengan aman," kata Muiz.

Ia menyatakan, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan itu dibangun dengan kualitas yang cukup bagus. Dengan biaya mencapai Rp14 miliar, jalan sepanjang 2,4 kilometer itu dibangun dalam waktu setahun.

"Jadi anggaran yang kita keluarkan itu tiga kali lipat anggaran normal dari standar pekerjaan umum," kata dia.

Kepala Desa Sedari Bisri Mustopa mengatakan, sudah tiga abad masyarakat Desa Sedari terisolir dan tidak pernah menikmati jalan yang mulus. Artinya, keberadaan jalan darat yang mulus sudah lama diharapkan masyarakat setempat.

"Desa Sedari sebelumnya dikenal karena jalan yang buruk, tidak layak dan sering banjir. Tapi kini sudah ada jalan mulus di desa kami," kata dia.

Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, infrastruktur jalan yang baru dibangun PHE ONWJ itu cukup membantu masyarakat. Diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Editor: Naryo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga