Lagi, Batu Menyan Tujuan Wisata Unggulan Lampung

id Lampung Update, Lagi, Batu Menyan, IJP, Jurnalis, Provinsi, Tujuan, Wisata, Unggulan, Lampung, Hanura, pesawaran, Wisatawan, Air Panas, Air terjun, Ku
Lagi, Batu Menyan Tujuan Wisata Unggulan Lampung
Peserta rapat bersama dengan Ikatan Jurnalis Pemprov (IJP) Lampung terkait kawasan pariwisata, di Balai Keratun Kantor Gubernur Lampung, di Bandarlampung. (ANTARA FOTO/Humas Pemprov Lampung/Dok).
Desa Wisata Batu Menyan yang direncanakan akan 'Soft launching pada tanggal 22 November 2017' sangat prospektif menjadi desa wisata yang terintegrasi.
Bandarlampung (Antara Megapolitan) - Provinsi Lampung akan mengengola potensi Desa Wisata Batu Menyan di Kecamatan Telukpandan, Kabupaten Pesawaran untuk menjadi salah satu destinasi wisata unggulan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono saat menggelar rapat bersama dengan Ikatan Jurnalis Pemprov (IJP) Lampung, terkait perencanaan fasilitas untuk menunjang kawasan pariwisata, di Ruang Sungkai Balai Keratun Kantor Gubernur Lampung, di Bandarlampung, Rabu (8/2/2017).

Sutono mengatakan, Desa Wisata Batu Menyan yang direncanakan akan "Soft launching pada tanggal 22 November 2017" sangat prospektif  menjadi desa wisata yang terintegrasi.

"Pertama sudah kita identifikasi adanya sungai besar di sana bernama Sungai Way Sabu dan air terjun. Sungai Way Sabu tersebut memungkinkan untuk kegiatan olahraga air arung jeram. Selain itu Way Sabu mempunyai air terjun setinggi 50 meter yang luar biasa jika dilakukan pengelolaan secara baik. Di samping keunggulan tersebut terdapat juga wisata air panas yang memiliki beragam aroma, seperti aroma melati dan stroberi, dan tentunya kekayaan kuliner setempat," terang Sekda.

Air Panas

Pemerintah Provinsi Lampung dibantu IJP Lampung telah membentuk tim tinjauan langsung ke lokasi yang dilakukan untuk melengkapi fasilitas. Di antaranya wisata air terjun dan sungai, wisata yang memanfaatkan air panas, kuliner, kerajinan tangan, sarana transportasi, dan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Budiharto yang hadir dalam rapat tersebut mengatakan "Desa Wisata Batu Menyan merupakan potensi yang sangat besar yang harus dikembangkan ke depannya".

"Pengelolaan dan master plan akan melibatkan ahli dalam penataan wilayah agar pengelolaan menghasilkan hasil yang maksimal," ujar mantan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan itu.

Kepala Bagian Humas Pemprov Lampung Heriyansyah menginformasikan, rapat tersebut turut dihadiri Ketua IJP Lampung, Firman, dan Staf Ahli Bidang Ekubang Provinsi Lampung Choiria Pandarita. (RLs/Ant/BPJ/MTh).

Editor: M. Tohamaksun

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga