Selasa, 26 September 2017

Harga Cabai Rawit Merah Bertahan Di Rp110.000

id cabai, harga cabai, cabai rawit merah, pasokan terbatas, Diskoperindagkop Kota Sukabumi, Ayep Supriatna, kebutuhan pokok, Sukabumi
Harga Cabai Rawit Merah Bertahan Di Rp110.000
Cabai rawit merah (Foto Antara/Widodo S. Jusuf/Dok)
Masyarakat saat ini sudah bisa mencari solusinya karena banyak bahan pengganti cabai rawit merah segar untuk kebutuhan membuat sambal.
Sukabumi (Antara Megapolitan) - Harga cabai rawit merah di tingkat pasar tradisional Kota Sukabumi, Jawa Barat masih bertahan di Rp110.000 setiap kilogramnya sejak awal 2017 yang dikarenakan terbatasnya pasokan dari daerah penghasil.

"Masih tingginya harga cabai rawit merah ini informasinya banyak petani yang gagal panen dan produksinya tidak memuaskan, sehingga kenaikan ini sudah mulai dari petani dan terus melonjak ke distributor hingga di konsumen akhir," kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi Ayep Supriatna di Sukabumi, Sabtu.

Tingginya harga cabai rawit merah ini walaupun tidak berpengaruh langsung kepada masyarakat karena bukan kebutuhan utama, tetapi mempengaruhi terhadap inflasi Kota Sukabumi sebesar 0,81 persen di awal tahun.

Menurut dia, untuk solusinya masyarakat memanfaatkan cabai kering atau jenis lainnya sebatas penambah bumbu masakan. Terkecuali bagi pengusaha kuliner yang benar-benar bahan utamanya harus menggunakan sambal.

Masih mahalnya harga cabai rawit merah ini, tidak mempengaruhi terhadap komoditas lainnya khususnya kebutuhan pokok masyarakat seperti beras yang harganya saat ini masih tetap normal.

"Masyarakat saat ini sudah bisa mencari solusinya karena banyak bahan pengganti cabai rawit merah segar untuk kebutuhan membuat sambal. Sebab jenis cabai lainnya harganya masih relatih jauh lebih murah dan terjangkau," tambahnya.

Selain cabai rawit merah ada juga beberapa komoditi cabai yang harganya masih mahal seperti cabai rawit hijau Rp80 ribu setiap kilogramnya dan cabai merah TW Rp42 ribu/kg.

Editor: Naryo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga